Blog yang membahas segala teknologi terkini serta memberikan pengalaman baru dalam dunia informasi

Cara naik lift, sangat berguna untuk pemula !

Cara naik lift . Lift adalah alat yang digunakan untuk mempermudah seseorang menuju naik atau turun dalam suatu bangunan. Lift adalah tangga yang memudahkan kita untuk sampai ke tingkat bangunan. Bentuknya box dan dioperasikan dengan tehnik mekanik . Lif sering juga dinamakan elevator.

Jadi dengan naik lift kalian tidak perlu berjalan menapaki setiap anak tangga. Coba bayangkan jika kita berada di lantai dasar dan ingin ke ruangan yang berlantai 7 , maka kita harus memiliki tenaga ekstra untuk menapaki langkah demi langkah anak tangga sebelum sampai keruangan tersebut.

Arrtekno kali ini akan membantu pemula untuk naik lift secara aman dan lancar. Baca artikel dibawah ini dengan saksama 


cara naik elevator
cara naik lift \unsplash


Buat kalian yang belum pernah merasakan atau menemui tangga lift , tidak perlu khawatir. Nah kali ini Arrtekno akan membantu kalian atau memberikan informasi untuk pemula yang ingin naik tangga lift.

Cara naik lift untuk pemula

Berikut adalah beberapa langkah penting yang harus dilakukan saat naik lift:

Tentukan tujuan lantai Anda 

Cobalah untuk menentukan lantai tujuan Anda sebelum masuk ke dalam lift. Jika Anda belum yakin, cobalah untuk menentukan lantai tujuan dengan segera setelah Anda masuk ke dalam lift. Misalnya kita dilantai dasar dan ingin ke lantai 10 atau sebaliknya.

Tunggu sampai lift tiba.

Jika Anda berada di lantai bawah, pastikan untuk menunggu sampai lift tiba dan pintunya terbuka sepenuhnya sebelum masuk ke dalam lift. Tidak perlu khawatir pintu lift telah di beri sensor jadi tentu tidak akan menjepit tangan kalian.  

Sambil menunggu lift sampai kalian silakan memencet tombol atas atau arah panah atas jika ingin ke banguanan yang berada dilantai . Namun jika kalian berada dilantai selain dasar silakan pncet arah bawah jika kalian ingin kedasar atau loby bangunan.

Jika lift telah terbuka silakan masuk ke dalam lift dan berdiri di area yang aman.  Biasanya di dalam lift ada gagang yang kalian bisa pegang . Jangan berdiri di dekat pintu lift atau di samping tombol-tombol, karena ini bisa membahayakan Anda saat lift bergerak.

Jika kalian sudah berada di dalam lift maka silakan tekan tombol lantai tujuan Anda. Setelah masuk ke dalam lift, tekan tombol lantai tujuan Anda dengan lembut.  Misalnya kalian ingin ke lantai 5 maka pencet aja nomor 5 . 

Nah untuk mempercepat menutup pintu lift kalian bisa menutup pintu lift dengen menekan tombol tutup . Namun jika tidak biarkan tertutup otomatis. Jika Anda membutuhkan bantuan, cobalah untuk meminta bantuan dari orang lain di dalam lift. 

Tunggu sampai lift sampai pada lantai tujuan Anda.

Setelah Anda menekan tombol lantai tujuan, tunggu sampai lift sampai pada lantai tujuan Anda. Jika lift bergerak lambat atau berhenti pada lantai lain, jangan panik. Ini biasanya terjadi karena ada orang yang ingin masuk atau keluar dari lift.

Keluar dari lift 

Keluar dai lift dan pastikan pintu lift terbuka sepenuhnya. Setelah sampai pada lantai tujuan, pastikan untuk keluar dari lift dan memastikan pintu lift terbuka sepenuhnya sebelum berjalan jauh dari lift.

Jangan memaksakan diri untuk membuka pintu lift. Jika Anda menemukan bahwa pintu lift tidak terbuka, jangan memaksakan diri untuk membuka pintu. Cobalah untuk menekan tombol darurat atau menunggu bantuan dari orang lain.

Dengan memahami dan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat naik lift dengan aman dan nyaman. Ingatlah untuk selalu berhati-hati dan mengikuti aturan-aturan yang berlaku saat naik lift agar kita daat menjaga diri sendiei dan kemananan orang lain. 

Tips Naik tangga lift

 Jika anda pertama kali mencoba tangga lift,  maka sebisa mungkin utamakana orangtua, wanita hamil dan anak anak untuk masuk dan keluar dari kotak lift. Ini termasuk ahlak yang bagus.

Pertanyaan yang ditanyakan pemula untuk naik lift atau elevator

Naik Lift pencet apa  ?

Seperti uraian diatas, kalian bisa naik lift dengan memencet tombol atas atau kebawah jika berada di selain lantai dasar.  tentu saja kalian harus menunggu lift sampai kelantai dimana anda berada.

Bagaimana cara naik lift di hotel ?

Sama dengn di bangunan lain, di hotel di kantor ataupun di rumah sakit kalian harus memencot tombol atas atau bawah di depan lift jika ingin menuju lantai yang kalian mau. Tidak perlu khawatir , lift tidak akan menjepit tangan atau badan kalian kog karena telah diberi sensor untuk mendeteksi tubuh manusia.

Cara naik lift lantai 1 kelantai 2


Jika kalian berada di lantai 1 atau lantai dasar jika ingin menuju kelantai 2 maka silakan memencet tombol ke atas di depan lift. jika sudah berada di dalam lift maka silakan memencet tombol 2 , biarkan pintu tertutup otomatis. Jika lift sudah berada di lantai 2 maka pintu lift akan terbuka otomatis. silakan keluar tanpa memencet tombol apapun.

Cara naik lift 1 ke lantai 5 pun demikian  semuanya dilakukan dengan cara mudah diatas.


Fungsi Tombol-tombol di Lift


Di dalam lift, Anda akan menemukan beberapa tombol dengan fungsi yang berbeda. Berikut adalah beberapa tombol penting yang biasanya ada di dalam lift:

Tombol Lantai: Ini adalah tombol utama yang digunakan untuk memilih lantai tujuan. Tekan tombol lantai yang Anda ingin tuju setelah masuk ke dalam lift.

Tombol Tutup dan Buka Pintu: Tombol ini digunakan untuk mengontrol pintu lift. Ketika pintu terbuka, Anda bisa menahan pintu terbuka dengan menekan tombol tersebut.

Tombol Darurat: Tombol ini digunakan untuk situasi darurat, seperti jika Anda merasa terjebak di dalam lift atau ada masalah lainnya.


Cara Naik Turun Lift di Hotel dan rumah sakit

Naik Lift di hotel dan rumah sakit kadang memuliki perbedaan. Jika di rumah sakit biasanya Lift yang digunakan diprioritaskan kepada pasien dan tenaga kesehatan. Bentuk liftnya tentu saja lebih besar daripada lift kebanyakan. 

Kebijakan Lift di rumah sakit memiliki tata krama yang harus di ikuti sesuai ketentuan di rumah sakit.

Beda hal dengan Lift di hotel. Seringkali di hotel , kita harus memiliki karu untuk akses masuk lift, nah berukut uraian cara naik lift di hotel dan ruma sakit

 Naik Lift di Rumah Sakit:


Saat berada di rumah sakit, pastikan Anda mengetahui lantai tujuan yang ingin Anda tuju. Tekan tombol lantai tersebut setelah masuk ke dalam lift. Di rumah sakit, biasanya terdapat tombol khusus untuk lantai unit perawatan atau poliklinik.
 
rumah sakit memiliki dua lift , satu diperuntukkan untuk pasien, satu diperuntukkan untuk pengunjung. Bijaklah menggunakan tangga lift yang dipakai pengunjung. 

Sebisa mungkin untuk tidak memaksakan lift untuk pasien jika lift untuk pengunjung rusak.


Naik Lift di Hotel


Di hotel, langkah pertama adalah mencari panel kontrol lift. Tekan tombol lantai yang Anda inginkan dan tunggu hingga pintu lift terbuka. Masuk ke dalam lift dengan hati-hati dan biarkan lift membawa Anda ke lantai yang dituju.


Apakah Lift hotel pakai kartu ?


Ya, di sebagian hotel  terutama hotel berbintang memberikan acces pintu lift dengan menggunakan kartu . Kartu ini berfungsi untuk mengurangi acces orang tidak berkepentingan menuju lantai hotel . Namun dibeberapa hotel yang sudah tua. penggunanan kartu ini tidak ada. 

Cara Turun dari Lift

Cara turun lift persis dengan cara naik lift. Silakan pencet arah panah kebawah  di depan lift. tunggu hingga terbuka. Jika sudah masuk, silakan pencet nomor lantai yang ingin anda tuju. tunggu pintu lift tertutup sendiri hingga terbuka kembali. 

Silakan keluarr dari lift. tanpa memencet tombol apa apa lagi.

Cara Naik dari Lantai 1 ke Lantai 5


Jika Anda ingin naik dari lantai 1 ke lantai 5, langkah pertama adalah menemukan panel kontrol lift. Tekan tombol lantai 5 dan tunggu hingga lift sampai di lantai tersebut.

Tombol G di lift buat apa  ?

 
Tombol G di lift atau biasanya disebut Ground adalah  lantai dasar atau basement di sebuah bangunan. Di beberapa Lift biasanya mengganti tombol G dengan tombol 0 atau tombol B . Tombol B berfungsi untuk mengantarkan anda ke lantai paling dasar suatu bangunan

Video tutorial cara naik lift untuk pemula





Pertanyaan yang sering ditanyakan  tentang lift

Cara membuka lift

Membuka lift sangatlah gampang, Silakan berjalan ke arah pintu lift, berdiri di depannya lalu tekan arah panah atas atau bawah sesuai kemauan anda. Jika anda ingin ke lantai atas maka silakan pencet tombol panah ke atasa, begitupun sebaliknya. 

Demikian informasi ringkas mengenai cara naik lift untuk pemula. Semoga informasi ini dapat membantu kalian. Silakan share artikel ini jika dirasa bermanfaat


Cara naik lift, sangat berguna untuk pemula ! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ninoy kutseva

0 comments:

Post a Comment