Bisa gak nabung saham dari gaji UMR ?

 

Banyak di antara kita ingin berinvestasi saham namun terkendala dengan pemasukan yanng kecil. Lalu banyak yang bertanya bisakah menabung saham dengan gaji UMR ? Atau bisakah kita kaya dari saham ? Nah kita akan bahas disini ,.Bagaimana sih cara menabung saham dengan gaji UMR?

Bagaimana caranya nabung saham untuk yang gajinya  hanya UMR?  Jadi konsep menyisihkan  ini sendiri itu adalah sangat penting.  Jangan kalian baru dapet income ya,  misalkan mendapat gaji atau mungkin  dapat THR lalu traktirin atau hamburin duit kalian buat  pacar  kalian .

Nabung saham gaji UMR


  Jadi konsep menabung saham adalah menyisihkan duit yang kita hasilkan perbulannya.  itu tergantung kalian sebenarnya bisanya  berapa misalnya bisa sisakan 10% atau bisa juga 20 % itu lebih  baik. Saran dari saya ya   usahakanlah untuk menyisihkan 20 %  dari income sebulan.   Tapi  pasti kalian bakal komen kayak gini, “ enak aja lu” .

  Bakal banyak yang ngomong Bro , “gua banyak banget  tanggungan” ,  itu sebenarnya cuman alasan  kalian saja.  Pengeluaran kalian perbulan sebenarnya bisa kalian cashback ya gak sih ?  nggak perlu gitu misalkan masih ngerokok  nih tapi kalau bilang kalau enggak punya  uang kalau bisa even berhenti merokok  untuk uangnya dialokasikan untuk  berinvestasi.  Jadi ibaratnya enggak ada orang yang  nggak bisa mulai investasi itu dimulai  dari diri kita sendiri untuk mulai  menyisihkan sebagian kecil dari  penghasilan kita.

 Nah di sini arrtekno.com mau  kasih contoh nih dengan UMR dari DKI  Jakarta rata-ratanya itu antara 4,2  sampai 4,3 sekian mungkin . Mungkian kalian bertanya , kalau Umr saya Cuma 2 juta gimana , ya tetep aja spend 20%. Konsepnya  sama ini. Cuman angkanya  yang beda. Jadi kalau angka  kalian berbeda sesuaikan dengan angka  kalian masing-masing . At  least kita  bisa menyisihkan di kita bisa  menyisihkan 20% dari gaji kita tadi 4,2  kita sisihkan 20% yaitu 840.000  perbulannya.

 Gimana caranya kita mulai  investasi kita pakai metode yang namanya  dollar cost averaging gimana setiap  bulannya di tanggal yang sama kita  masukin uang jumlah yang sama .  Naik atau turun kita  tetap beli sahamnya,  jadi kita  mengharapkan keuntungan jangka panjang  dari capital gain nya dan juga dividen  yang dibagikan oleh perusahaan yang  sahamnya kalian beli jadi kita tabung  pelan-pelan setiap bulannya .

Miisalnya enggak bisa 840.000 menyisihkan  10% 5% gak masalah asal kalian mulai aja  .Enggak masalah mau nabung  200.000 enggak masalah itu termasuk  tergantung kali masing-masing tapi di  sini arrtekno.com contohin pakai 840.000 perbulan .

Dana tabungan  840 rebu itu arrtekno.com nggak mau masukin  faktor lainnya , bahwa  kalian akan mendapatkan peningkatan gaji  sampai misalnya 30 tahun kedepannya.

 Kita  investasi dengan 840.000 ya dalam waktu  30 tahun dengan interest rate yaitu 15%  . pasti kalian bertanya dalam  hati . Nih IHSG  aja 13 persen ,gimana kita bisa dapetin  15 %  pertahun  . Kalau kita tarik kebelakang maka Bca pernah ngasih 19 persen loh,per  tahun ketahun  sama dengan mungkin Bank BRI juga  sekitar 17-18.

 Jadi untuk mendapatkan di  atas 15% sangat possible di  market apalagi di Indonesia  dengan stokpic kita yang lebih baik.

  Ibaratnya kita disini dengan kita  investasi 840.000 ya dengan 30 tahun  Dengan 15%  Ayo kita akan mendapatkan uang itu 4,7  milyar Sepertinya kalian yang bisa  disini kita mendapatkan 4,7 milyar  .

Interest yang kita dapat bunganya kita  itu adalah 4,4 miliar dengan total uang  yang kita tabung itu cuma 303 juta jadi  kita dapat 4,483  miliar ini kita  nggak bilang bahwa 30 kali lipat.

Nggak  mungkin nabungnya cuma 840.000 dong  kalian.  Mungkin naik level jadi manajer  mungkin jadi Direktur .ini kita enggak  faktorin semuanya tapi kita cuman anggap  dapat  4,4 m dalam bunga totalnya akan hebat  4,7 .  Ini gede banget sih  dibandingkan kalian  menabung di bank  840 rebu sebulan hingga 30 tahun kedepan, kalian cuma akan mendapatkan uang sebanyak 330 juta. Sangat jauh banget perbedaanya. 

Ini belum termasuk deviden yang sering dibagikan tiap setahun sekali ataupu dua tahun sekali loh ya

Nah pertanyaannya   adalah saham apa yang memberi return hingga 15 % pertahun ?

 Sebagai pemula  Arrtekno.com akan menyarankan untuk menabung saham perbankan. Saham saham bank BUMN seperti saham BRI dan saham Mandiri adalah saham yang tepat. Mulailah menabung saham dulu.

 Jika kalian  belum  bisa menyanggupi membeli saham perbulan sebanyak 840 rebu tidak apa apa . Kalian bisa menabung saham mulai dari 200 rebu  . Apalagi di Indonesia , minimal beli saham adalah 1 lot. Kunci utamanya adalah kalian harus disiplin dalam menabung . 

Demikian  Artikel untuk menjawab pertanyaan, Bisakah menabung saham dengan gaji Umr ? Sekian dari saya. Silakan email  jika ada yang mau ditanyakan . pantengin terus  Blog Tekno untuk mendapatkan info menarik seputar bisnis lainnya.

 

0 Response to "Bisa gak nabung saham dari gaji UMR ? "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel