Blog yang membahas segala teknologi terkini serta memberikan pengalaman baru dalam dunia informasi

Jual Beli Saham dalam pandangan Islam , halal kah ?

 

Dikalangan Umat Muslim  kita mengenal Halal haram . Jual beli saham termasuk dalam bab Muamalah.  Pada artikel kali ini kita akan membahas halal haram jual beli saham menurut pandangan islam.

 

Jual Beli Saham dalam pandangan Islam

Banyak dari kita menganggap bahwa jual beli saham termasuk judi. Jual beli saham apakah  judi ?

 

Misalnya  saya punya perusahaan  buka saham , silakan saham saya saya mau jual sekian.  Kalau anda mau ikut saya akan kasih  persentase 5% ,10% segala macamnya .  Perusahaannya jelas karena ada  syarat-syarat dalam Islam yang untuk  menjadikan pendapatan penghalal harus  modalnya halal, harusnya sistemnya halal,harusnya produknya halal sumber dananya  dari mana halal atau tidak sistemnya  halal produk yang halal .

 

Maka jadi halal  ini kita kalau mau ikut saham di situ  ada masalah menjelaskannya jelas dengan  ini dulu poin tapi kalau perusahaan itu  memiliki salah satu pelanggaran dari  tiga poin tadi misal dasarnya perusahaan  itu produknya haram, rokok misalnya  atau khamr atau misalnya  sistemnya dia menggunakan sistem yang  salah maka itu tidak bisa dibolehkan.

 

Atau hal ataupun memang kita  berusaha ini awalnya dibangun jadi  populer modal yang hal ini enggak boleh  kita masuk saham di dalamnya Itu poin  dari masalah mana yang boleh mana tidak  boleh.

 

Rincian yang lain adalah  saham juga ini tidak bisa hanya sekedar  sesuatu yang tidak kelihatan eh artinya  tidak jelas perusahaan ini dimana , menjual apa . Kadang ini termasuk saham gorengan yang di mainkan oleh bandar bandar saham yang mempunyai dana .

 

Tentu hal ini akan sangat merugikan ummat. Bahakan termasuk Gharar.

 

Sebagai Ummat islam kita disarankan untuk membeli saham syariah, biasanya ada perusahaan bank yariah yang melantai di Bursa Efek Saham . Saham sham seperti BSI atau syaham syaham Manulife syariah lainnya.

 

Selain itu bisa juga membeli sham saham Bluechip agar terhindar dari kerugian yang signifikan jika terjadi goncangan pasar.

 

Ok, sekian dulu informasi mengenai tinjauan Halal haram jual beli saham menurut ulama. Tentunya banyak sekali kekuranagn dalam artikel ini, kami akan terus berupaya memberiakan informasi menarik untuk anda semua. Terima kasih

 

 

 

 

 

Jual Beli Saham dalam pandangan Islam , halal kah ? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ninoy kutseva

0 comments:

Post a Comment