Apa itu saham Bluechip ? Baca Tips memilih saham Bluechip disini !


Jika anda mencari tahu tentang apa itu saham Bluechip, anda berada pada artikel yang tepat . Kalian pernah denger orang yang bilang kalau investasi jangka panjang mah ribet aja pada artikel kali ini, arrtekno  akan membahas tentang saham perusahaan-perusahaan besar itu yang jadi market leader di industrinya masing-masing. Saham saham ini tahan  banting disegala kondisi ekonomi dan  juga yang rajin banget bagi dividen .

 

apa itu saham bluechip

Saham Bluechip adalah saham yang berada dalam Indeks LQ45 , artinya saham ini memiliki kecendrungan untuk tahan dari bantingan spekulan pasar. Saham Bluechip biasanya dalah saham saham dari prodak prodak yang kita pakai atau gunakan jasanya sehari hari, sebut saja Unilever, BRI ataupun BCA.  Saham Bluechip memiliki banayk keunggulan yang tidak dimiliki oleh saham lainnya.

 

Beberapa Saham bluechip memberikan 2 kali deviden tiap tahunnya . Hebat gak tuh ?

 

Banyak orang orang yang membeli saham Bluechip dan membiarkan dia tidur  5-10 tahun kedepan kita akan get a good  return karena saham ini memang susah  banget digoreng oleh bandar.

 

Bertolak dari dari market  capnya yang puluhan bahkan ratusan  dan bakal susah banget deh untuk  dimanipulasi harganya sah bandar, ditambah  lagi dengan likuiditasnya yang tebel  banget jadi gampang banget buat kita  perjualbelikan di Bursa saham  kapan aja dan  ini biasanya udah sepadan dengan  harganya yang relatif lebih mahal secara  valuasi dan juga secara nominal .

 

Saham Bluechip ini memiliki karakter  wujud stok situ emang low-risk tapi  artinya gak sama dengan saham diluar bluechip yang  “Goodbye you  lose” artinya ketika market kolaps atau  turun drastis saham-saham blue chip ini  biasanya turun jauh lebih sedikit  dibandingkan dengan saham small atau  midcap.

 

Apakah membeli  Saham Blue chip sudah pasti untung ?

 

Membelii saham blue chip apalagi  untuk jangka panjang belum tentu pasti  profit ? Mari kita cek saham BCA

 

 Nah kita  mulai dari BCA saham. BCA ini juga  punya market cap atau nilai perusahaan  yang paling besar se-indonesia .Jika lima tahun yang lalu di 2016 kita  BCA kita lihat hari ini BCA  sudah naik  131 persen dalam lima tahun artinya 100  juga kita sudah jadi 231 juta di tahun  2021 . Cuan gak tuh ?

 

Namun kita juga harus  tahu bahwa faktanya ada banyak saham  blue chip yang kita udah invest jangka  panjang lebih dari lima tahun tapi  harganya naik-naik bahkan ada yang turun  dari nilainya lima tahun yang lalu kita  ambil contoh Unilever.

 

Kalau kita  investasikan 100.000.000 uang kita ke  Unilever lima tahun yang lalu per hari  ini kita cek ya nilainya sudah turun 25%  hal lima tahun terakhir artinya  100.000.000 kita sekarang nilainya jadi  75juta rugi 25000000 dong padahal udah  investasi di saham blue chip .

 

Siapa di sini yang gak tahu Astra , kalau kita invest 100000000 yang lalu hari ini  dinilainya sudah turun 26 persen dalam  lima tahun Artinya 100000000 kita jadi  74 juta kita udah rugi 26000000 itu baru  accounting lossnya kalau economy  closenya Artinya kita hitung opportunity  cost misal 100000000 ini kita industri  BCA yang untungnya 131 juta artinya  economy class kita adalah 26000000  kerugian dari Astra plus 131 juta kalau  kita invest di BCA Artinya kita ekonomi  hanya sekitar 150juta.

 

 Memang sih kalau  untuk investasi jangka panjang tuh  merupakan nggak cocok ya di sektor yang  cyclical seperti otomotif properti  infrastruktur atau komoditas karena  biaya naik turun sesuai dengan siklus  ekonomi kalau lagi lesu oke sekarang  atau ekonominya enggak bergairah ada  krisis dan lain sebagainya otomatis  harga sahamnya bakal itu turun juga .

 

 Walaupun dia bluechip sekalipun Tadi  katanya begitu Lloris tapi kau malah  bikin rugi berarti investasi di Bluechip itu berbahaya dong berarti saham  blue chip itu pesannya jelek yaYa  enggak semua blue-chip mereka juga punya sudah mental  yang kuat dan sering menjadi penggerak  ihsg.

 

Coba lihat aja asal gitu-gitu re tolong  equity itu lumayan tinggi loh 10-12  persen belum lagi ngelevel return on  equity nya bisa lebih dari 100% terus  salahnya gimana .


Bagaimana cara memilih saham bluechip agak tidak rugi ?

 

Pertama mesti  lihat prospeknya misalkan  sektor otomotif Astra ya Apakah ekonomi  lagi bagus dan akan ngebul nih  kedepannya ,apakah orang tuh punya uang  untuk upgrade dari motor ke mobil atau  nambah mobil baru terus sektor lain . Contohnya kayak properti Apakah investor  property confidence itu udah balik ada  proyek pembangunan apa ngasih yang bisa  ngebuzz harga properti gimana dengan  insentif dari pemerintah.

 

Memang sih  kalau untuk jangka panjang biasanya  kurang cocok kalau gucup yang sifatnya  cyclical lebih cocok tuh yang di  sensitif kayak banking dan consumer wah  tapi kalau Summer lihat juga kayak icbp  atau Unilever. Apakah competition di  industri mereka nih lagi ketat.   Kalau lagi ketat ya susah juga kan untuk  grow atau naikin harga kedepannya.

 

Intinya sih simple selalu inget kalo  stock market is a forward looking mesin  yang selalu lihatnya tuh  ia bahkan kandang jalan dan larinya tuh  lebih cepet daripada ekonomi yang  sesungguhnya. Sama kayak manusia kalau  kita cari jodoh kan kita mesti lihat  bibit bebet bobot background. Masa  lalunya emang penting tapi lebih penting  lagi lihat masa depannya .

 

Tips memilih saham Bluechip

 

Nah tips dari aku untuk  memilih saham blue chip untuk investasi  jangka panjang 

  • pertama pilih dari sektor  banking atau consumer yang punya grup   
  • kedua  pilih saham yang pergerakan jam  panjangnya to hack trend,
  • ketiga cek juga  track record capital gain returnnya  kalau bisa lebih dari 15 persen pertahun  dalam jangka panjang .
Cara hitungnya  kayak gini nih kita cari dulu harga  saham BCA misal BCA 10 tahun yang lalu  harga Sekian dan juga harganya hari ini  sekian terus kita masukin ke kalkulator dan ketemulah rata-rata riten  pertahun dalam 10 tahun terakhir BCA itu  segini nah ini

 

Semoga dari Artikel  dari arrtekno ini kita enggak lagi  menganggap bahwa semua gosip itu worth  untuk investasi jangka panjang. Kan sedih  juga ya kalau kita investasi jangka  panjang pegang lama-lama  ngarep harganya naik tapi malah turun  .Nah kalau menurut kamu apa lagi sih yang  perlu diperhatikan sebelum kita membeli saham bluechip ? tulis dikomentar ya !

0 Response to "Apa itu saham Bluechip ? Baca Tips memilih saham Bluechip disini !"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel