Blog yang membahas segala teknologi terkini serta memberikan pengalaman baru dalam dunia informasi

Cara memperbaiki hp xiaomi tidak mau nyala hanya muncul logo, apakah bootlop ?

Kamu pengguna Xiaomi ?  Sedang mengalami handphone Xiaomi  yang nyala namun hanya muncul logo ? Tidak usah khawatir , kali ini blog tekno akan membahas cara memperbaiki handphone Xiaomi yang terkena masalah tersebut. Hal seperti ini juga sering dinamakan Bootlop. Tidak hanya Xiaomi , semua handphone  pernah mengalami nyala mentok di logo. 

hp xiaomi mentok logo


Sebelum membahas cara memperbaiki  Xp xioami yang mentok logo ada baiknya kita belajar dulu apa itu Bootlop

Bootlop Adalah apa ?

Bootlop adalah  proses  smartphone gagal dalam mengoperasikan sistem  dalam androi atau ios kalian. Bootlop  bisa dikatakan tidak mampunya smartphone melakukan booting. Bootlop ini kadang mengakibatkan mentok dilogo atau sering hidup dan mati tiba tibanta handphone atau smartphone (restart). 

Kenapa sering terjadi bootlop ?

Dibeberapa kasus bootlop ini disebabkan oleh  tidak kompatibelnya  komponen pada rom di handphone kalian,. hal lainnya mungkin disebabkan oleh mod yang tidak tersusun sebagaimana mestinya dalam komponen handphone kalian. Beberapa kasus disebabkan karena  Baterai yang sudah berumur atau gemuk sehingga menindih beberapa komponen handphone.

Lalu bagaimana cara memperbaiki  hp xiaomi tidak mau nyala hanya muncul logo ?

Sebelum teman teman membawa handphonenya ke tempat service handphone ada baiknya kalian melakukan percobaan terlebih dahulu. Berikut dalah hal yang saya lakukan ketika handphone saya bootlop atau mentok logo

Restart Hp

Hal pertama yang saya lakukan adalah restart handphone. hal ini saya lakukan untuk memastikan handphone  saya benar benar bootlop. Beberpa kasus ringan bootlop hanya dengan restart handphone bisa dengan mudah mengembalikan kembali kenormalan handphone. Hal ini juga berguna untuk mengecek handphone  masih memiliki baterai yang prima  mengingat baterai yang tidak prima bisa membuat handphone kalian sering mengalami bootlop.

Siapa yang tidak tahu cara merestart hp ? ya cukup tekan tomol on off lalu pilih "hidupkan kembali"  silakan tunggu hingga muncul logo xiamoi muncul. Jika beruntung kalian akan temukan handphone kembali normal setelah bootlop.

Factory reset solusi jitu hadapi bootlop xiaomi

Hal kedua yang dilakukan adalah dengan cara  melakukan Factory reset . fsebelum factory reset sangat  disarankan untuk  memback up file atau data anda di handphone .  Setelah Factory reset maka semua data anda akan hilang seketika. tidak mau kan data data penting anda hilang , maka backuplah,, bisa lewat drive ataupun cloud yang anda punya sendiri.

Bagaimana cara  wipe data factory reset  Xiaomi ? berikut caranya !

Siapkan gawai Xiaomi Anda lalu buka menu settings atau pengaturan pada handphone

silakan tekan pada opsi menu additional settings.

Setelah itu pilih menu backup and reset, lalu klik pada factory reset (kembalikan ke setelan pabrik).


Jangan lupa ya sebelum di factory reset silakan di Back up terlebih dahulu.

Wipe cache Partition

Cara ketiga yang saya lakukan adalah dengan cara menghapus cache  pada android saya,  caranya cukup mudah yaitu :

Xiaomi : Tombol power + Volume Up

Flashing room 

Cara yang keempat adalah dengan  flashing room . Hal ini termasuk sulit karena kalian harus mengetahui Firmware atau OS android kamu . Kadang Boootlop ini dikarenakan gara gara instal aplikasi yang tidak diizinkan oleh system android handphone kalian.

Cabut Baterai bisa dicoba 

Jika ke empat cara diatas tidak bisa membantu kalian silakan membuka baterai handphone kalian atau bawa langsung ketempat service untuk mengecek kerusakan yang terjadi didalam handphone kalian. 

Sekian Informasi tentang cara Cara memperbaiki hp xiaomi tidak mau nyala hanya muncul logo , bisa karena bootlop atau hal lainnya. semoga artikel ini bisa membantu kalian , silakan share artikel ini jika bermanfaat.

Cara memperbaiki hp xiaomi tidak mau nyala hanya muncul logo, apakah bootlop ? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ninoy kutseva

0 comments:

Post a Comment